Wana Wisata Sendang Biru

Merupakan salah satu wanawisata yang dimiliki oleh Perum Perhutani dibawah kelola KBM JLPL Unit II dengan karakteristik wisata berupa pantai. Terletak di petak 81 dan 86 luas baku 50 ha dan luas area manfaat 3 ha, RPH Sumber Agung,  BKPH Sumber Manjing, KPH Malang termasuk kelas hutan lindung. Secara administratif terletak di desa Tambak Rejo Kecamatan Sumber Manjing Kabupaten Malang. Pada ketinggian 0 – 100 mdpl, suhu 25 – 32, curah hujan 1753 mm dengan topografi landai.

Aksesibilitas menuju lokasi dapat ditempuh dengan kendaraan umum dan pribadi dengan kondisi jalan beraspal dan jarak terdekat dari kota Kabupaten Malang sejauh 67 km. Transportasi umum yang menuju ke sendang biru berupa colt jurusan turen – sendang biru dengan ongkos Rp. 15.000,-  jarak  ± 42 km, dari mulai pukul 06.00 – 17.00 dan beroperasi tiap 15 menit.

Wana Wisata Sendang Biru
Status jalan masuk ke lokasi sebagian masih termasuk jalan propinsi dan 1 jalur dengan jalan perkampungan nelayan, sehingga keberadaan loket masuk dirasa kurang efektif karena yang lewat bukan hanya pengunjung tetapi juga penduduk setempat.

Potensi sumber daya alam yang dimiliki selain pantai yang mempesona juga vegetasi yang beraneka antara lain :
Kenitu (Chrysophyllum cainito)
Ketapang (Terminalia catapa)
Mahoni (Swietenia mahagoni)
Flamboyan (Delonix regia)
Gempol (Nauclea orientalis)
Kepoh (Sterculiafoetida)
Akasia (Acacia auriculiformis)
Jati (Tectona grandis)
Beringin (Ficus benjamina)
Wana Wisata Sendang Biru
Pulau Sempu
Fauna yang ada di WW Sendang Biru merupakan binatang yang hanya singgah / transit saja dan tidak menetap.  Jenis fauna yang singgah antara lain : kera ekor panjang dan burung (aves)
Selain flora dan fauna, daya tarik sosial budaya yang dapat dinikmati oleh pengunjung yaitu TPI (Tempat Pelelangan Ikan), aktivitas nelayan dan petik laut (sedekah laut) yang rutin dilakukan oleh penduduk setempat setiap tahun, tepatnya tanggal 27 September.

Fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung antara lain : Area parkir, toilet, mushola, shelter, menara pandang, pusat informasi, pintu gerbang, loket, papan penunjuk arah instalasi listrik dan warung makan.
Aktivitas yang dapat dilakukan di WW Sendang Biru adalah sight seeing (menikmati panorama), , camping, berenang,  memancing dan berperahu.

Pembuatan Perahu besar
Jajaran perahu milik nelayan
Shelter
Mushola
Pulau Sempu (luas 877 ha) terletak  sekitar 70 km selatan  pusat kota Malang dan bersebrangan dengan WW Sendang Biru, dibawah pengelolaan BKSDA IV Malang. Pulau sempu memiliki potensi wisata yang beraneka, antara lain cagar alam, air terjun, telaga lele, pasir panjang, sumber awar-awar, hutan dan potensi lainnya.
Letak Pulau Sempu diantara 1120 40’45”-1120 42’ 45” bujur dan 80 24’ 54” lintang, sebanyak kurang lebih 877 ha, berbatasan dengan selat Sempu (Sendang Biru) dan Samudra Hindia di Selatan, timur dan barat.
Luas Pulau ini membentang 3,9 km dari timur ke barat dan 3,6 km dari utara keselatan. Topografi Pulau Sempu 50% terdiri dari dataran berbukit, dengan kemiringan berkisar antara rata-rata curam, di ketinggian 50 sampai 100 m di atas permukaan air laut.

Di Pulau Sempu terdapat 3 tempat wisata yang dapat dikunjungi antara lain :
Segara Anakan. 
Waru-waru pantai kecil di pesisir Pulau Sempu 
Telaga lele merupakan sumber mata air tawar bagi para pemancing

Perahu nelayan yang siap untuk menyebrangkan wisatawan ke Pulau Sempu