Pondok Wisata Sendang Biru

Pondok Wisata Sendang Biru
 Lokasi Pondok Wisata (PW) Sendang Biru berada di dalam kawasan WW Sendang Biru. Merupakan pondok wisata yang disewakan untuk pengunjung yang ingin menginap dengan jumlah kamar 4, kapasitas 2 orang per kamar. Keberadaan PW Sendang Biru sangat potensial karena wisatawan domestik maupun mancanegara yang akan mengunjungi Pulau Sempu terlebih dahulu menginap di PW Sendang Biru. Sumber air Sendang Biru letaknya sekitar 2,5 km dari Pondok Wisata dan masih dalam wilayah Perhutani.
Fasilitas Kamar
Pondok Wisata Sendang Biru

 Fasilitas Kamar
Pondok Wisata Sendang Biru

Aksesibilitas menuju Pondok Wisata Sendang Biru sama halnya dengan Wana Wisata Sendang Biru dapat ditempuh dengan kendaraan umum dan pribadi dengan kondisi jalan beraspal dan jarak terdekat dari kota Kabupaten Malang sejauh 67 km. Transportasi umum yang menuju ke sendang biru berupa colt jurusan turen – sendang biru dengan ongkos Rp. 15.000,-  jarak  ± 42 km, dari mulai pukul 06.00 – 17.00 dan beroperasi tiap 15 menit. Status jalan masuk ke lokasi sebagian masih termasuk jalan propinsi dan 1 jalur dengan jalan perkampungan nelayan, sehingga keberadaan loket masuk dirasa kurang efektif karena yang lewat bukan hanya pengunjung tetapi juga penduduk setempat.

Aktivitas yang dapat dilakukan di PW Sendang Biru adalah wisata menginap, sight seeing (menikmati panorama), camping, berenang,  memancing dan berperahu. Fasilitas perahu disediakan oleh penduduk setempat dengan tarif  yang berlaku sebagai berikut :
Pondok Wisata Sendang Biru
 Flora dan Fauna di PW Sendang Biru
Kenitu (Chrysophyllum cainito)
Ketapang (Terminalia catapa)
Mahoni (Swietenia mahagoni)
Flamboyan (Delonix regia)
Gempol (Nauclea orientalis)
Kepoh (Sterculiafoetida)
Akasia (Acacia auriculiformis)
Jati (Tectona grandis)
Beringin (Ficus benjamina)

Fauna yang ada di PW Sendang Biru merupakan binatang yang hanya singgah / transit saja dan tidak menetap.  Jenis fauna yang singgah antara lain : kera ekor panjang (Macaca fascicularis) dan burung (aves)

Lebih lanjut baca artikel Wana Wisata Sendang Biru