Sejarah Pusat Penelitian dan Pengembangan Perum Perhutani Cepu

Sejarah Singkat Puslitbang Perum Perhutani Cepu

Pusat Pengembangan Hutan, Pusat Jati di Cepu, Jawa Tengah dibangun atas dasar keputusan Direksi nomor : 3090/Kpts./Dir/1997tanggal 29 September 1997.

Pada awal diresmikannya yaitu tanggal 05 Pebruari 1998 dinamakan Pusat Jati, Kemudian (Teak Centre) bertujuan untuk Pengelolaan tanaman Jati, kemudian dalam perkembangannya pada pertengahan tahun 1999 diubah namanya menjadi Pusat Pengembangan Hutan (PUSBANGHUT) yang kegiatannya tidak hanya pengelolaan jati tetapi juga tanaman lainnya, sampai pada tahun 2000 diubah lagi menjadi Pusat Pengembangan Sumber Daya Hutan (PUSBANG SDH) tugasnya ditambah dengan pengelolaan lingkungan, pada tahun 2005 diubah namanya menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Perum Perhutani sampai dengan saat ini.

Pembangunan ini dimaksudkan untuk menyiapkan wadah melakukan aplikasi hasil-hasil Penelitian dalam mengelola hutan di wilayah kerja Perum Perhutani. Pengembangan Puslitbang Perum Perhutani diharapkan mampu meningkatkan daya saing produk-produk andalan Perum Perhutani melalui pengembangan teknologi yang telah diketahui sebelumnya atau ditemui dalam proses kegiatannya.