Wana Wisata Coban Talun


Wana Wisata (WW) Coban Talun
Daerah Coban Talun
Pintu Gerbang Coban Talun
Air Terjun Coban Talun
Merupakan wana wisata dengan potensi yang diandalkan berupa hutan dan air terjun. Secara administratif, WW Coban Talun terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kabupaten Batu. Secara pengelolaan hutan terletak di petak 39, 41 dan 45, RPH Punten, BKPH Pujon, KPH Malang  dengan luas baku 45,5 ha. Terletak pada ketinggian 950 mdpl dengan suhu 18 – 230C dengan topografi miring landai dan curah hujan rata-rata 1.800 mm/tahun dan termasuk kelas hutan lindung  jenis pinus dan rimba campur.

Aksesibilitas menuju lokasi hanya dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi dengan kondisi jalan beraspal sampai ke pintu gerbang. Jarak terdekat dari kota kabupaten Batu   ± 6 km. Akses menuju ke lokasi air terjun ditempuh dengan berjalan kaki sejauh ± 1 kilometer dengan kondisi jalan tanah. Fasilitas jembatan penyeberangan yang menghubungkan jalan  menuju air terjun  kondisinya terputus sehingga  harus menyeberangi DAS aliran Sungai Brantas.
Potensi lain yang dimiliki oleh WW Coban Talun yaitu area bumi perkemahan (BUPER) yang sering digunakan siswa sekolah yang berasal dari Kabupaten Batu dan sekitarnya serta daya tarik sosial budaya masyarakat sekitar yaitu tradisi jaran kepang (kuda lumping). Selain itu di lokasi WW Coban Talun juga terdapat penangkaran lutung (Presbitys sp) yaitu Songgoriti yang didampingi oleh konsultan pihak Swasta.
  
Fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung antara lain yaitu : area parkir, toilet, musholla, warung makan,  pusat informasi, aula, papan penunjuk arah, loket, instalasi listrik dan instalasi air. Aktifitas yang dapat dilakukan di WW Coban Talun selain menikmati panorama dan keindahan juga dapat melakukan aktifitas outbond, tracking, camping, rekreasi, refreshing dan photo hunting.
Air Terjun Coban Talun
Pemandangan alam Coban Talun
 Jenis vegetasi  hutan rimba campur yang  banyak ditemui antara lain :
Akasia (Acacia sieberiana)
Trengguli (Cassia javanica)
Pinus merkusii (Pinus mercusii)
Suren (Toona sureni)
Gempol (Nauclea orientalis) dan lain-lain

Menurut pengelola, jenis fauna yang masih hidup dan tinggal di dalam hutan yaitu lutung jawa (Presbitys sp).

Air Terjun Coban Talun
PIN Coban Talun