Wana Wisata Coban Pelangi


   Wana Wisata Coban Pelangi

Pintu Gerbang Wana Wisata Coban Pelang
Karakteristik yang dimiliki  Coban Pelangi sama dengan Coban talun yaitu wana wisata dengan potensi yang diandalkan berupa hutan dan air terjun. Secara administratif, WW Coban Pelangi terletak di Desa Gubug lakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Secara pengelolaan hutan terletak di petak 73, RPH Ngades, BKPH Kepanjen, KPH Malang  dengan luas baku 6 ha.
Aliran Air Coban Pelangi
Terletak pada ketinggian 900 mdpl dengan suhu 17 – 220C dengan topografi miring landai curam dan curah hujan rata-rata 900 mm/tahun dan termasuk kelas hutan lindung  rimba campur.
Jalan setapak menuju Coban Pelangi
Aksesibilitas menuju lokasi sangat mudah, dapat dijangkau oleh kendaraan pribadi sampai ke pintu gerbang dengan kondisi jalan beraspal. Untuk menuju lokasi air terjun dapat ditempuh dengan berjalan kaki sejauh ± 500 m dengan melewati jalan setapak atau dengan menggunakan jasa sewa kuda yang telah disediakan oleh penduduk setempat dengan tarif Rp. 20.000,-/ orang. Jarak terdekat dari kota kabupaten Malang ± 45 km.
Air Terjun Coban Pelangi
Fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung antara lain yaitu : area parkir, toilet, musholla, shelter, pintu gerbang, pusat informasi, papan penunjuk arah, loket, warung makan, instalasi listrik, instalasi air, bumi perkemahan.
 Aktifitas yang dapat dilakukan di WW Coban Pelangi selain menikmati panorama dan keindahan juga dapat melakukan aktifitas outbond, tracking, camping, climbing, rekreasi, refreshing, photo hunting dan edukasi.
Fasilitas Warung Makan Coban Pelangi
Kegiatan wisata edukasi yang dapat dilakukan yaitu pengenalan jenis vegetasi dan satwa yang ada.
Jenis vegetasi yang tumbuh dan ditanam di sekitar lokasi yaitu antara lain :
Pinus (Pinus mercusii), Kere Payung (Filicium decipiens), Kemiri (Aleurites moluccana), Trembesi (Samanea saman), Angrung (Trema orientalis).
Jenis satwa yang terdapat di lokasi WW Coban Pelangi yaitu :
Kera hitam/luthung (Presbitys sp), Kera abu-abu (Macaca fascicularis), Ular, Burung kutilang (Pycnonotus aurigaster) , Burung cucak hijau (Chloropsis sounerati), Burung Derkuku (Streptopelia chinensis), Burung cucak jenggot (Alophoxius bres), Burung Blangkon, Burung prenjak putih / merah (Prinia subflava).

Area Bumi Perkemahan Coban Pelangi
WW Coban Pelangi sejak tahun 2006 – 2009 tertutup untuk umum disebabkan ada musibah tegakan pinus yang roboh menimpa 4 orang pengunjung. Karena alasan keamanan maka dihimbau oleh PEMDA setempat untuk sementara WW  Coban Pelangi  ditutup. Wana wisata ini baru dibuka kembali tahun 2010.

Galery foto Coban Pelangi :

Aksesibilitas Coban Pelangi
Pemandangan sekeliling Coban Pelangi
Fasilitas toilet di Coban Pelangi
Aliran Coban Pelangi
Jembatan Coban Pelangi
Air terjun Coban Pelangi