Wana Wisata Padusan

Wana Wisata Padusan


Wana Wisata Padusan selama ini identik dengan pemandian Air Panas yaitu  kawasan pemandian air panas PADUSAN yang dikelola Perhutani dan Dinas Pariwisata Kabupaten Mojokerto.  Secara administratif  terletak di desa Padusan Kecamatan Pacet  Kabupaten Mojokerto, terletak pada petak 21A (dahulu 41) dan 23B (dahulu 42), RPH Claket, BKPH Pacet, KPH Pasuruan dengan status Ldti jenis tanaman pinus tahun tanam 1968. Berada pada ketinggian  800 mdpl di bawah kaki gunung Welirang, suhu rata-rata 200C dengan curah hujan rata-rata 3.000mm/tahun.  Jarak dari Kabupaten Mojokerto sejauh 30 km dan kota Batu 29 km.
Aksesibilitas menuju ke WW Padusan sangat mudah sekali, karena berbagai jenis kendaraan dapat digunakan menuju ke sana. Di samping itu jalur yang dilalui pun tidak terlalu menantang. Rute menuju Padusan dapat dilalui dari arah pertigaan Krian belok kiri menuju arah Mojosari hingga terus masuk Kecamatan Pacet, dari sini jarak yang akan ditempuh lagi menuju Padusan sekitar 4 kilometer. Begitu pula dari arah Kota Mojokerto, jalur yang dilalui pun sama, namun dapat langsung menuju Pacet.

Merupakan Wana Wisata dengan potensi yang diandalkan yaitu sumber air panas. Lima petak kolam untuk pemandian air panas, dan dua petak kolam pemandian air dingin telah dibuat sedemikian rupa guna kenyamanan para wisatawan. Kolam renang air dingin khusus untuk anak-anak maupun untuk dewasa. Untuk kolam renang dewasa dibuat dengan ukuran standar kolam renang untuk lomba nasional. Sedangkan kolam renang anak berbentuk setengah lingkaran dengan diameter sebesar 8 meter. Di samping kolam air dingin, disediakan pula kolam berendam air panas pada dua lokasi yang bersebelahan, masing-masing lokasi dibuat di bagian kolam yang berbeda suhu airnya. Mulai dari yang paling panas dengan suhu sekitar 40 derajat celcius, hingga yang paling hangat dengan suhu sekitar 30 derajat celcius. Mengenai kapasitasnya masing-masing kolam rendam mampu menampung ratusan orang berendam.
Sementara kenyamanan yang dapat kita temukan di wana wisata pemandian air panas Padusan, tidak sekedar merasakan khasiat dari air panas alami  yang berasal dari sumber mata air dari lereng Gunung  Welirang yang masih aktif sehingga efek vulkaniknya memunculkan sumber air panas yang mengandung mineral belerang atau Sulfur (S), yang konon dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti menyembuhkan beberapa penyakit kulit. Panorama alamnya sangat indah, sejuk dan nyaman karena berada di kawasan hutan pinus yang telah ditanam sejak tahun 1968. Sangat ideal untuk wisata keluarga, gathering, outbond, pendidikan lingkungan, lintas alam, perkemahan dan renang.
Selain kolam (kolam renang dan kolam rendam) milik Pemda potensi lain yang ada di WW Padusan yaitu air terjun Grenjengan, Bumi Perkemahan, Area Outbond dan penangkaran rusa (dikelola KPH). Di sekitar obyek ini juga banyak terdapat hotel, villa, restoran dengan berbagai tipe dan kelas yang siap melayani wisatawan sesuai selera. Pondok wisata yang terdapat di dalam kawasan Padusan yaitu Pondok Wisata (PW) Grenjengan, merupakan PW yang dikelola oleh Perhutani.
Ditambah keberadaannya berada di lereng pegunungan Welirang, dengan berjuta pesona yang indah. Keadaan inilah, sehingga membuat pihak pengelola membuka kesempatan bagi para anggota pramuka, atau para pecinta alam untuk menjadikan lahan yang ada di sana sebagai tempat berkemah. Area buper yang ada di WW Padusan berjumlah 9 blok (blok A – I) dengan lokasi yang tersebar di kawasan hutan pinus. Setiap blok mampu menampung 100 orang peserta kemah.