Wana Wisata Sumber Darmi

Aliran Air Terjun Coban Rais
Air Terjun Coban Rais
Secara administratif, Wana Wisata Coban Rais terletak di Desa Oro-oro ombo, Kecamatan Batu, Kabupaten Kota Batu. Secara pengelolaan hutan terletak di petak 221 & 225, RPH Oro-oro ombo, BKPH Pujon, KPH Malang  dengan luas baku 4,5 ha. Terletak pada ketinggian 850 mdpl dengan suhu 18 – 230C dengan topografi berbukit dan curah hujan rata-rata 1.500 mm/tahun dan termasuk kelas hutan lindung pinus dan rimba campur. Jarak terdekat dari kota Batu  ± 6 km.

Air Terjun Coban Rais

Menurut karakteristiknya WW Coban Rais merupakan air terjun dengan ketinggian ± 70 m. Aksesibilitas menuju lokasi sangat mudah, dapat dijangkau oleh kendaraan pribadi sampai ke pintu gerbang dengan kondisi jalan beraspal. Untuk menuju lokasi air terjun hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki sejauh ±2km dengan melewati jalan bertanah yang pada awalnya lebar sejauh 100 m kemudian menyempit melewati alur dan tepi tebing serta jurang dengan lebar jalan hanya ± 0,5m
Sumber darmi merupakan tempat penampungan  sumber air yang dibangun oleh Belanda pada masa penjajahan. Sumber air ini dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk kegiatan sehari-hari dan Dinas Perairan setempat dengan cara mengalirkan lewat pipa-pipa saluran. Akses menuju Sumber Darmi searah dengan akses ke Coban Rais sejauh 1,5 km dan berbelok ke arah utara sejauh ± 300 m dengan akses yang susah ditempuh.
Musholla Sumber Darmi
Pemandangan Alam di Coban Rais / Sumber Darmi
      
Fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung hanya terdapat di area depan dekat pintu gerbang, antara lain yaitu : area parkir, toilet, musholla, pintu gerbang, loket, warung makan, bumi perkemahan. 
Aktifitas yang dapat dilakukan di WW Coban Rais selain menikmati panorama dan keindahan juga dapat melakukan aktifitas tracking, camping, rekreasi, refreshing,photo hunting.
 
Cocok sekali digunakan untuk wisata minat khusus, karena keindahan dan kealamian hutan yang ada serta akses yang susah ditempuh merupakan tantangan tersendiri bagi wisatawan yang menginginkan petualangan. 

           

Jenis vegetasi yang tumbuh dan ditanam di sekitar lokasi yaitu antara lain :
Pinus (Pinus merkusii)
Ekaliptus (Eucalyptus sp)
Trengguli (Cassia javanica
Kamper (Cinnamomum camphora)
Mahoni (Swietenia mahagoni)
Kemiri (Aleurites moluccana)
Suren (Toona sureni)
Flamboyan (Delonix regia)