Wana Wisata Pantai Sowan



Pantai Sowan
Merupakan Pantai Pasir Putih yang alami dengan pemandangan landscape laut, Di daerah sekitar pantai terdapat hamparan hutan akasia, klampis, dan mahoni yang menjadikan hawa sejuk untuk bersantai dengan keluarga dengan menikmati semilir angin yang berhembus dari Pantai Sowan. Terdapat pula lokasi memancing dan disediakan pula tempat penginapan bagi mereka yang ingin bermalam di wisata ini. Berikut  diskripsi Wana Wisata Pantai Sowan.

Secara administratif, Wana Wisata (WW) Pantai Sowan terletak di Dusun Sowan, Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Lokasi ini merupakan ex. TPK Bancar, RPH Sukoharjo, BKPH Bancar, KPH Jatirogo dengan luas baku 32,0318 ha. 

Pemandangan Pantai Sowan
Pantai Sowan
Pantai Sowan lokasinya terletak di perbatasan antara Propinsi Jawa Tengah dan Propinsi Jawa Timur, pada pinggir jalur Pantura. Dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum dan pribadi dengan jarak ± 40 Km dari Kabupaten Tuban dan juga Kabupaten Rembang, sehingga aksesibilitasnya sangat mudah karena dari pinggir jalur Pantura, menuju kawasan lokasi  (pintu gerbang) jaraknya ± 100 m .

Bagi pengunjung yang menginginkan menginap, disediakan juga villa 2 unit  yang dapat disewa, dengan kapasitas masing-masing 2 orang. Sedangkan sebagai pendukung kegiatan wisata, disediakan fasilitas antara lain : toilet, mushola, shelter, gerbang, loket, area bermain,  papan penunjuk arah, instalasi dan juga instalasi listrik dan air.
Batu Karang Pantai Sowan
Perahu Nelayan yang bersandar di tepi Pantai Sowan
Nelayan yang sedang menangkap ikan di Pantai Sowan
Aktifitas yang dapat dilakukan di WW Pantai Sowan sight seeing (menikmati panorama),outbond, camping, berenang dan memancing.

Selain daya tarik wisata alam yang dimiliki juga ada daya tarik sosial budaya masyarakat sekitar yaitu tradisi sedekah laut yang dilaksanakan setiap tahun setelah panen pada hari Rabu Pahing.  Tradisi ini dimaksudkan sebagai wujud rasa syukur terhadap Yang Kuasa atas rezeki (panen) yang diberikan.

Potensi sumber daya alam yang dimiliki selain pantai yang mempesona juga vegetasi yang beraneka antara lain :
Mahoni (Swietenia macrophylla), Jati (Tectona grandis), Akacia (Acacia sieberiana), Klampis (Acacia arabica), Kesambi (Scheichera trijuga / S. oleosa), Trembesi (Samanea saman), Mimbo (Azadirachta indica), Ketapang (Terminalia catapa), Randu (Ceiba petandra), Jaranan (Atropa curcas), Srikaya (Annona squamosa), Mangga (Mangifera indica), Kawis (Limonia acidissima), Asem (Tamarindus indica), Waru (Hibiscus tilliacius), Lamtoro (Leucaena leucephala), PenitianPakis (Cyathea contaminent), Sonokeling (Dalbergia pinnata), Jambu (Syzygium sp.)

Burung Kakak Tua Liar di Pantai Sowan

Selain ragam flora juga fauna yang dapat   kita temukan di kawasan WW Pantai Sowan antara lain :
Burung perkutut (Gopelia striata), Burung kutilang (Pycnonotus aurigaster), Burung jalak (Leucopsar rothschildi), Burung derkuku (Cocomantis variolopus), Burung cendet (Lanius sp), Burung prenjak (Prinia subflava), Burung gereja (Passer montanus), Burung  puyuh / gemek (Coturnix coturnix), Burung cegirBurung kakak tua putih (Cacatua galerita), Burung trucukan (Pycnonotus goiavier), Burung emprit (Lonchura striata), Burung kepodang (Oriolus chinensis), Musang  (Paradoxurus hermaphrodillus), UlarTrenggiling (Manis javanica), Nyambik / biawak (Varanus Indicus)